|

Gereja Rawak Siap Diresmikan, Bupati Sebut Gereja Termegah Di Pusat Paroki


 Sekadau,Kapuasrayatoday.com - 

Bupati Sekadau Aron,SH melihat secara langsung kesiapan fisik dan kepanitiaan persiapan peresmian Gereja Hati Kudus Yesus Paroki Hati Kudus Yesus Rawak. Rencananya Gereja tersebut dijadwalkan akan diresmikan pada tanggal 10 September mendatang.

"Secara fisik pengerjaan gedung Gereja tersebut sudah selesai dan hasilnya sangat baik". Meskipun dengan mengunakan dana yang tidak terlalu besar, namun hasilnya sangat baik seperti yang kita lihat saat ini kata Aron.

" Dan Gereja ini adalah salah satu Gereja termegah yang dimiliki oleh paroki di kabupaten Sekadau," katanya kepada awak media, Sabtu (7/9) 2024 di Rawak.

Menurut dia, rencananya kita akan melakukan peresmian Gereja ini, kemudian pemberkatan akan dilakukan oleh Uskup Mgr, Valentinus Saeng Cp. 

Gereja ini lanjut dia, adalah Gereja kebanggaan warga Rawak,dan penantian panjang warga atas dibangun Gereja ini ungkap Aron.

"Warga Rawak sangat mendambakan Gereja yang megah ini, semoga dengan dibangunnya Gereja sebagai jawaban atas keinginan warga," kata Aron.

Semoga nanti waktu peresmian Gereja ini,warga paroki Hati Kudus Yesus Rawak bisa datang untuk menyaksikan prosesi peresmian.

"Semoga waktu peresmian Gereja ini nanti warga dari Paroki Hati Kudus Yesus Rawak bisa datang beramai-ramai," harapnya.

Berikut sepenggal cerita soal Paroki hati Kudus Yesus Rawak.

Paroki Hati Kudus Yesus Rawak adalah sebuah Paroki Gereja Katolik Roma di Keuskupan Sanggau, yang berpusat di kecamatan Sekadau Hulu kabupaten Sekadau Kalbar. Paroki Rawak adalah salah satu Paroki hasil pemekaran dari Paroki Santo Petrus dan Paulus Sekadau,dan diresmikan pada tanggal 1 Januari tahun 1990 oleh Uskup Agung Pontianak Mgr, Heronymus Herculanus Bumbune, OFM Cap. Pada saat itu tahta Keuskupan Sanggau sedang kosong. Sedangkan Mgr. Mencucini baru ditabhis sebagai Uskup Sanggau pada tanggal 3 Juni 1990. Ketika Paroki Rawak didirikan, sarana fisik seperti Pastoran memang belum ada. Satu-satunya sarana yang dimiliki hanya gedung Gereja yang sudah berdiri sejak tahun 1987. Sehingga pada masa itu segala urusan administrasi Paroki Rawak masih menumpang di Paroki Sekadau.

Kemudian pembangunan gedung Aula Paroki dan sarana lain dilakukan pada Tahun 1992-1993. Sedangkan untuk Pastoran, kantor kesekretariatan,.dan administrasi Paroki mulai dipindahkan Paroki Rawak baru sekitar tahun 1998-1999. Imam pertama yang menjadi pastor Paroki pertama yang menjadi pastor Paroki Rawak adalah Pastor Bernado Metani,CP.(dar/*).

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini