|

Tingkatkan Pelayanan Kebutuhan Dasar, Aron Launching Pelayanan PDAM di Ensali

 


Sekadau,Kapuasrayatoday.com - 

Bupati Sekadau Aron S,H meluncurkan pelayanan air bersih PDAM di Steleng Dusun Ensali Desa Ensalang, Kecamatan Sekadau Hilir pada Rabu (11/9) 2024.

Bupati Sekadau Aron SH mengungkapkan, bahwa Pemkab Sekadau merencanakan PDAM Siri. Meragun Kabupaten Sekadau dimulai ketika dirinya masih menjadi anggota DPRD Kabupaten Sekadau tahun 2004 silam. Anggaran Pemerintah Daerah Kabupaten Sekadau sebesar Rp.109 miliar untuk pembangunannya.

“Waktu itu saya sebagai anggota DPRD bersama rekan-rekan lainnya merancang air bersih supaya ada di Kabupaten Sekadau,” ungkapnya

Ia berkeyakinan suatu saat Kabupaten Sekadau akan maju, ini pertimbangan panjang kami, sehingga dapatlah air di Meragun itu kata Aron

“Namun bukan hanya di Sirin Meragun saja, tetapi konsepnya seluruh kecamatan di Kabupaten Sekadau. Dikarenakan kemungkinan 30 tahun kedepan kita krisis air, begitu pula jalur sutra hampir krisis air, itu PR dan akan dikaji, serta mimpi kami segera mungkin PDAM sampai Sungai Kunyit.” ujar Aron

Itu dilakukan bagaimana memastikan debit udara dan stok udara tersedia. Pemkab juga berkomitmen memastikan sumber air tetap ada di Kabupaten Sekadau, sehingga kota Sekadau harus berubah jadi maju, juga Seberang Kapuas dan wilayah Belitang

Ditempat sama, Direktur Perumda Sirin Meragun Yok Kelak menuturkan, Perumda siap menyalurkan air bersih ke sektor Utara juga Selatan.

Pada tahun ketiga mereka merealisasikannya atas komitmen pelayanan air bersih untuk masyarakat. Jarak air bersih Ensali ini sejauh 65 Km dari Sirin Meragun, dengan menggunakan pipa berkualitas tinggi pelayanan dan bisa bertahan selama 30 - 40 tahun.

Yok menambahkan, ini murni kebijakan Bupati selaku KPR kami, sementara untuk anggaran PDAM ke Ensali membutuhkan dana sebesar Rp. 2 miliar, jika ini bisnis, perlu 17 tahun untuk hutang investasi tersebut, kata Yok

Ini kepentingan umum, dan terbatas. Yang mana kualitas udara sudah teruji dan bebas polusi.

Ia berharap warga bijak menggunakan air, karena prinsip kami semakin bapak/ibu banyak menggunakan air, semakin mengurangi air orang lain, karena ini bukan pebisnis, katanya.

Kepala Desa Ensalang Kristoforus mengapresiasi Pemkab Sekadau dan Direktur Perumda Sirin Meragun yang telah menyediakan sumber air bersih bagi warganya. Telah menjawab kebutuhan masyarakat terhadap kebutuhan air di desa ini, yang mana sebelumnya menggunakan air keruh kata kades.

“Adanya air bersih tersebut, masyarakat bisa menerapkan hidup bersih" sambungnya..

Penyaluran air bersih Perumda Sirin Meragun ke Dusun Ensali merupakan kebijakan dalam program unggulan IP3K Bupati dan Wakil Bupati Sekadau. Keuntungan menggunakan air bersih dapat menyehatkan masyarakat kabupaten Sekadau, mengingat banyak pekerjaan tambang ilegal, sehingga air sungai yang dulunya jernih juga kebutuhan masyarakat untuk mandi dan minum, namun kini sudah keruh dan rentan bagi kesehatan kulit masyarakat.

Kegiatam tersebut Dihadiri Bupati Sekadau Aron, S.H, Direktur Perumda Sirin Meragun Yok Kelak, S.T, Camat Sekadau hilir, Unsur Forkopimcam Sekadau Hilir,  Bhabinkamtibmas, Bhabinsa Desa Ensalang Suroso, ketua dewan pengawas Perumda Sirin Meragun Sabas dan beberapa kepala SKPD di lingkungan Pemkab Sekadau serta undangan lainnya.(dar)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini