|

Percepat Pencapaian ISPO, DKP3 Sekadau Gelar Pelatihan ICS

 


Sekadau,Kapuasrayatoday.com - 

Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) kabupaten Sekadau mengelar pelatihan Internal Control system (ICS) bagi pekebun swadaya di kabupaten Sekadau.

Kegiatan tersebut berlangsung selama 4 hari mulai tanggal 8 -12 Oktober 2024 di Hotel Harris Pontianak kata kata Plt kepala Dinas DKP3 kabupaten Sekadau melalui kepala bidang perkebunan Ifan Nurpatria Rabu (9/10) 2024 melalu esan singkat.

Kegiatan tersebut lanjut Ifan, dibuka langsung oleh kepala dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Barat bersama Plt.kepala dinas DKP3 kabupaten Sekadau Drs.Sandae.M.Si.

Pelatihan tersebut bertujuan untuk percepatan dan penerapan sistem sertifikasi Indoneaia Sustaineble Palm Oil (ISPO) bagi pekebun kelapa sawit swadaya di kabupaten Sekadau.

Sedangkan sumber dana pelaksanaan kegiatan tersebut berasal dari dana bagi hasil (DBH) sawit kabupaten Sekadau tahun 2024.

Pelatihan ICS dilakukan oleh lembaga  LPP Agro Nusantara sebagai lembaga pelatih ISPO yang sudah ditetapkan oleh Dirjen perkebunan kementrian Pertanian RI.

Peserta Kegiatan sejumlah 40 orang yang berasal dari 9 lembaga pekebun dan pendamping dari Dinas DKP3 kabupaten Sekadau. Adapun lembaga pekebun yang ikut serta dalam pelatihan tersebut adalah

1. Kopbun. Kungkang Bersatu 

2. Kopbun. Kerabat Bersatu 

3. Kop Produsen Perkebunan Sungai Raya Mandiri

4. Kop Produsen Tingting Boyok Lestari

5. Kopbun. Lintas Kobak Bersama

6. Kop Produsen Petani Kelapa Sawit Mandiri Usaha Bersama

7. KUD. Satrimas

8. KUD. Sumber Karya

9. Koperasi Produsen Mitra Amak Bersatu

Kegiatan pendampingan dilakukan dalam rangka percepatan ISPO bagi pekebun dan sebagai bentuk komitmen Pemerintah Daerah terhadap pengelolaan kelapa sawit berkelanjutan di Kabupaten Sekadau pungkas Ifan Nurpatria. (dar)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini